Kantor Pengolahan Data Telematika Kabupaten Bantul
RSS icon Email icon Home icon
  • Unsur 5W+1H dalam Pembuatan Berita

    Posted on Maret 17th, 2010 admin2 No comments

    Dalam pembuatan berita harus kreatif dan mengandung unsur 5W +1H. Hal tersebut disampaikan Drs. Bambang Legowo, M.Si. pada acara Rapat evaluasi sub domain dan praktik pembuatan berita yang baik dan benar yang diselenggarakan Kantor Pengolahan Data Telematika (KPDT) Bantul pada Rabu (17/3) bertempat di Ruang Rapat PDT Lantai II Sayap Barat Parasamya Bantul.

    Unsur 5W+1H yang dimaksudkan tersebut merupakan unsur penyusun berita yang harus ada, yaitu what, when, why, who, where ditambah how. Sebagai contoh pada saat membuat laporan tertulis kepada atasan pun harus memuat unsur tersebut, jadi apabila hendak dibuatkan berita tinggal kreatifitas dalam pengembangan saja. “Jika 5w+1H sudah terpenuhi maka informasi tersebut sudah lengkap” tambah Bambang yang juga menjabat Kepala Bagian Humas Setda Bantul.

    Sebelumnya Kepala KPDT, Ir. Ag. Sumasriyana, M.Si. menyampaikan dalam sambutannya bahwa sampai bulan Maret ini masih ada instansi yang belum menampilkan berita ataupun kegiatan yang ada di instansinya. “Bila kesulitas mendapatkan berita, kegiatan kantor bisa juga dijadikan berita” kata Sumasriyana pada peserta rapat yang dihadiri oleh pengelola sub domain dinas/instansi di Kabupaten Bantul. Lebih lanjut dikatakan pula bahwa untuk dinas/instansi yang mengadakan lelang bisa juga ditampilkan di sub domainĀ  dinas/instansi masing-masing.

    Leave a reply

Switch to our mobile site