Kantor Pengolahan Data Telematika Kabupaten Bantul
RSS icon Email icon Home icon
  • Rakornas Kominfo 2013 : “Menuju Era Broadband Ekonomi”

    Posted on September 20th, 2013 admin2 No comments

    Penandatanganan MOU antara Kemenkominfo dengan Polri, Kementerian dan lembaga lain

    Penandatanganan MOU antara Kemenkominfo dengan Polri, Kementerian dan lembaga lain

    Rapat Koordinasi Tingkat Nasional Bidang Komunikasi dan Informatika (Rakornas Kominfo) 2013 resmi dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (16/9).Rakornas ini diikuti oleh jajaran Komifo Pusat dan daerah, serta Dinas-Dinas Komunikasi dan Informatika dari seluruh Indonesia.

    Dalam amanatnya Menteri Kominfo Tifatul Sembiring, mengatakan pesatnya kehadiran mobile technology merubah cara orang untuk berkomunikasi, belajar, berbisnis, mendapatkan informasi dan berkaitan denga isu-isu keamanan individual. Lebih lanjut dikemukakan bahwa menghadapi tantangan global abad ke 21 terkait kesejahteraan, kesehatan, pendidikan,persamaan gender, perubahan iklim dan perubahan populasi dunia ke generasi muda semuanya itu mengedepankan ekonomi pita lebar (broadband economy).

    “Pada¬† laporan ITU tahun 2013, broadband dianggap sebagai kunci prioritas abad 21 yang akan menjadi kekuatan transformatif dan juga enabler yang memungkinkan adanya pertumbuhan ekonomi, perbaikan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat, menjadi alat efektif untuk memberdayakan masyarakat, membuat layanan dan contetnt berbasis teknologi”. Pada decade mendatang broadband akan menjadi driver dari layanan maupun aplikasi yang semakin banyak tersedia, semakin beragam dan relevan serta terjangkau oleh masyarakat.

    “Broadband memegang peran penting dalam berkontribusi pada aktivitas masyarakat secara individual untuk memperkuat dan menjaga kelangsungan pengembangan sosial dan ekonomi termasuk transformasi politik dan institusional,” jelas Tifatul.

    Broadband juga mampu mengembangkan pengetahuan masyarakat terhadap empat pilar dalam kehidupan bermasyarakat, diantaranya kebebasan dalam berekspresi,pendidikan yang berkualitas,akses terhadap informasi dan pengetahuan serta penghormatan pengembangan budaya dan keberagaman linguistic.

    Hal terpenting dari Broadband adalah mampu mendorong pengembangan teknologi secara dinamis dan mengurangi hambatan serta mengembangkan peluang kepada small medium enterprises (SME’s) dan kewirausahaan untuk berinovasi, berkompetisi dan bertumbuh. Broadband yang dibangun dengan teknologi menstimulasi adanya inovasi-inovasi baru dan menginspirasi generasi muda untuk menjadi pengusaha digital guna menciptakan aplikasi baru, layanan dan konten pada berbagai industry. Broadband bukan hanya sebuah sarana, namun Broadband adalah teknologi multi guna yang bisa merestrukturisasi sebuah ekonomi secara mendasar.

    Berkaitan dengan Rakornas tersebut diharapkan Pemerintah Daerah mulai melakukan langkah-langkah antisipasi dalam pemanfaatan dan pengembangan Broadband untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah. Dalam Rakornas tersebut Kabupaten Bantul diwakili oleh Kepala KPDT dan 2 orang staf yang selanjutnya mengikuti pelatihan pemanfaatan beberapa aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Kominfo.(sb)

    Leave a reply

Switch to our mobile site